Pages

Sunday 29 June 2014

RUDRAKSA

Rudraksa yang suci terdiri dari 38 jenis dan memiliki 21 jenis gurat wajah/mukhee (guratan pada biji). Tasbih jenis ini sangat bertuah dan bisa mendekatkan seseorang pada Yang Maha Kuasa. Menurut mithologi Hindu, menggunakan Rudraksa berarti pemakainyatelah diberikan semua berkah dari dewa Siva. Benda ini memiliki efek yang luar biasa pada tubuh, pikiran dan jiva bisa menghalau pengaruh buruk dari planet-planet.
Ada sebuah kisah lama tentang keberadaan rudrakasa ini. Dikisahkan bahwa Daitya yang bernama Tripura Sundhara yang tidak bisa dikalahkan. Brahma, Visnu dan para Dewa yang lainnya telah kehilangan akal untuk menghadapi daitya yang maha sakti ini, yang senantiasa mengganggu mereka. Para Dewa kemudian berkumpul dan mendekati Dewa Siva untuk meminta nasehat beliau untuk mengatasi bahaya itu. Dewa Siva memutuskan untuk menggunakan senjata khusus yang dinamakan Aghora. Senjata ini kalau digunakan akan menghancurkan apa saja tanpa terkecuali. Diyakini bahwa senjata ini memiliki efek seperti Bom atom pada jaman sekarang ini. Dewa Siva menggunakan senjata ini untuk menghancurkan daitya Tripura. Selama menggunakan senjata ini Dewa Siva tidak bisa membuka mata, dan ketika mata beliau dibuka, maka tampak basah dan beberapa tetes air mata jatuh ke bumi. Tetesan air mata ini kemudian berubah menjadi tanaman dengan buah yang memiliki 38 jenis yang dinamakan Rudraksa. Dewa Siva dikenal dengan gear Rudra dan air mata dinamakan Aksa. Maka dari itulah benda ini dikemudian hari dinamakan Rudraksa. Dari 38 jenis ini, 12 jenis diidentikan dengan Surya, 10 diidentikan dengan Agni dan 16 jenis identik dengan Chandra.
Wajah/Mukhee (Gurat) Rudraksha
Diyakini, bahwa semakin kecil ukuran Rudraksha, maka semakin besar efek keampuhannya. Tentang kehebatan Rudraksha seringkali dikisahkan dalam kitab-kitab Purana Hindu, seperti Devi Purana, Siva Purana, Skanda Purana, Padma Purana, Lingga Purana dan lainnya. Berikut akan dicoba dijelaskan sedikit tentang apa arti guratan yang terdapat pada Rudraksha:
  1. Gurat Satu. ini adalah biji yang amat langka dan diidentikan dengan dewa Siva. Jika pada benda ini tidak ditemukan gambar Sivalingga, Ular OM, Trisula dan berbagai tanda bertuah lainnya, maka dipastikan bahwa benda itu tidak asli. Manfaat dari menggunakan Rudraksha ini memberikan kekuatan, kekuasaan, kekayaan dan segala kenyamanan hidup.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Aim Hrim Sraum Aim”
  2. Gurat Dua. Diyakini sebagai perwujudan dari dewa Siva dan Parvati. Menggunakannya memberikan anugerah dari kedua dewa. Untuk menyembah dewa Siva, benda ini dianggap yang terbaik. Dan ia juga berguna untuk mengakhiri kebiasaan buruk. Menggunakan benda ini akan sangat membantu dalam berkonsentrasi, kedamaian pikiran, dan untuk pengembangan tingkat spiritual.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Srim Hrim Ksaum Um”
  3. Gurat Tiga. memiliki keampuhan yang sanggup menjaga pemakainya dari segala jenis ketidak beruntungan. Ini sangat membantu mencapai kekayaan dan kecerdasan.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Ra Hum Hrim Hum Om”
  4. Gurat Empat. Diidentikan dengan dewa Brahma. Penggunaannya akan memberkati seseorang dengan kekayaan dan kesehatan yang baik, seseorang akan menjadi lebih spiritual dan mendapatkan tujuan hidup yang terakhir. Menggunakan benda ini akan meningkatkan kecerdasan dan kemampuan berbicara. Ini juga digunakan untuk mendapatkan kemampuan dan manfaat vasikaran, Akarshana dan tujuan seksual.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Vam Kram Tam Ham I”
  5. Gurat Lima. Dianggap lebih berkhasiat dan diidentikan dengan Panca rahma, penggunaannya akan memberikan berkah yang sama dari dewa Siva. Benda ini identik dengan moksa dan pemenuhan segala keinginan dan menjauhkan pemakainya dari segala keinginan.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Hrim Am Ksamyaum Svaha”
  6. Gurat Enam. diidentikan dengan Kartika, beberapa sumber mnyatakan ini identik dengan dewa ganesha. Keduanya adalah putra dewa Siva. Jika yang mengenakannya seorang laki-laki, hendaknya dikenakan di lengan kanan. Ini akan menganugerahi pemakainya dengan segala kenyamanan hidup. Secara khusus, benda bertuah ini akan menganugerahi kekuatan sidhi dan kesuksesan dalam bisnis dan sebagainya.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Hrim Srim Klaim Saum Aim”
  7. Gurat Tujuh. Dinamakan Anata dan dewa penguasanya adalah Tujuh Rsi (Sapta Rsi). Ini akan memberkati pemakainya dengan kehormatan, kekayaan dan kekuatan spiritual. Orang yang terlibat dalam penyelundupan emas (korupsi), kebanggaan berlebihan dan dosa lainnya hendaknya menggunakan rudraksa ini.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Hrim Krim Hrim Sam”
  8. Gurat Delapan. diidentikan dengan Ganesha dan penggunaannya sangat ampuh. Ia menganugerahi pemakainya dengan segala kenyamanan hidup dan menyucikan dosa yang didapatkan dari hasil melakukan hubungan intim dengan banyak wanita.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Hram Grim Lam Am Srim”
  9. Gurat Sembilan. diidentikan dengan Bhairon, Yama dan Kapila Muni. Yang memilikinya akan menikmati kekayaan dan kenyamanan dalam kehidupan keluarga, kesejahteraan untuk anak dan pemenuhan segala keinginan dan harapan. Ini juga melambangkan Maheswari Durga uang memiliki sembilan wajah.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Hrim Van Yan Ran Lan”
  10. Gurat Sepuluh. diidentikan dengan dewa Visnu atau Janardana. Pemakainya akan terlindung dari segala pengaruh buruk planet-planet, pengaruh jahat berbagai roh halus dan sebagainya. Dalam ritual Tantra, benda ini mendapatkan tempat khusus. Orang yang mengenakannya diselamatkan dari berbagai sarana atau serangan Tantrik, seperti Maran, Mohan dan juga Akala Mrtyu (kematian tidak pada waktunya) Pemakai Rudraksha ini akan terberkati dalam segala bidang.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Srim Hrim Kalim Srim Aem”
  11. Gurat Sebelas. diidentikan dengan dewa Indra. Diyakini bahwa Rudraksha ini sangat ampuh karena didalamnya tersimpan gabungan dari sebelas dewa. Benda ini biasa digunakan untuk tujuan Mohan dalam Tantra.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Rum Mum Mum Yum Aum”
  12. Gurat Duabelas. diidentikan dengan dewa Visnu, dinyatakan dalam duabelas dewa yang menjadi penunggunya. Penggunaannya akan menuntun pada kenyamanan pekerjaan, kedudukan dan berkah dari semua dewata. Mereka yang menggunakannya tidak akan takut dengan pencuri, api dan halangan lainnya. Benda ini dianggap sebagai penghapus dosa yang terbaik digunakan sebagai mela dengan jumlah biji sebanyak tigapuluh dua sama dengan jumlah gigi manusia.
    Mantra untuk mengenakannya: Om Hrim Srim Dhrnih Sri”
  13. Gurat Tigabelas. jika Rudraksha jenis ini ada, maka dianggap sangat bertuah. diidentikan dengan para Visvedeva. Pemakainya akan mendapatkan moksa, menaklukan semua keinginan, ambisi dan akan diberkati dengan kesehatan yang baik, kekayaan, kesejahteraan dan kenyamanan hidup. Ini juga memiliki sidhi dan seseorang bisa membuat orang lain menjadi tertarik.
    Mantra untuk mengenakannya: Om I Yam Apa Aem”
  14. Gurat Empatbelas. diidentikan dengan dewa Siva. Diyakini juga bahwa ini identik dengan Hanumanji. Sarana ini menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Ini menganugrahi segala kenyamanan hidup dan kedudukan yang tinggi dalam politik dan pelayanan. Selain itu ini akan berguna untuk menghilangkan efek buruk berbagai planet dan memberikan kemenangan atas musuh-musuh.
    Mantra untuk mengenakannya: “Om Sphe Khavphe Haratraum Hasavpa”
Sumber: Rahasia Yantra, Mantra dan Tantra oleh Dr. L. R. Chawdhri

No comments:

Post a Comment