Pages

Sunday 12 May 2013

Yoga Kesehatan


Yoga adalah sebuah ilmu pengetahuan kuno yang
berakar dari filosofi Hindu dan bersifat pantheisme (kepercayaan bahwa seluruh alam semesta dan isinya bersifat ilahi). Ilmu ini sangat kompleks dan membicarakan banyak aspek dari manusia, mulai dari tataran fisikal hingga ke tataran spiritual. Praktisi yoga (kerap disebut yogi) diharapkan menggapai pencerahan paripurna (Brahman) yaitu pengetahuan manusia akan hakekat dirinya yang sejati dimana dia menyadari dan menghidupi dirinya sebagai bagian dari continuum semesta. Ketika seorang manusia telah hidup pada tataran spiritual maka ia disebut telah mencapai Brahman (Universal Mind), telah menggapai pencerahan paripurna atau Enlightenment.

Perlu juga diketahui bahwa ilmu pengetahuan ini telah mengalami fusi dengan masyarakat dunia barat yang rata-rata menganut materialisme (kepercayaan bahwa physical matter adalah satu-satunya keniscayaan) dan atheis (tidak mengakui adanya konsep ketuhanan). Para yogi yang seperti ini bertujuan mencapai kesempurnaan pengetahuan akan diri dan mendapatkan hidup yang berkualitas, alih-alih mencapai Brahman. Hidup yang berkualitas adalah mendapatkan tubuh yang sehat dan pikiran yang positif.

Hatha Yoga

Ada banyak aliran dari yoga, namun ketika diperkenalkan di Amerika Serikat,hatha yoga adalah aliran yang lebih banyak diapresiasi dan kemudian berkembang amat pesat. Menurut survei yang dilakukan The Wall Street Journal dan NBC, pada 1998 ada 18 juta warga Amerika Serikat yang menjadi praktisi yoga aktif. Jumlah yang terus berkembang hingga sekarang.

Hatha Yoga adalah cabang dari yoga yang menitikberatkan pada penguasaan tubuh dan nafas melalui penyeimbangan dua kutub energi pada manusia yaituyang dan yin, masculine dan feminine, lingga dan yoni, ha (matahari) dan tha(bulan). Keseimbangan 2 kutub ini mutlak membutuhkan penguasaan akan tubuh fisik yang diperoleh melalui praktik asanas (olah tubuh), mudra (gestur), kriya (pembersihan), bandha (kuncian), dan pranayama (olah nafas).
Dari Western World inilah yoga (hatha) lalu menyebar dengan cepat dan akhirnya menjadi bagian dari budaya global.


Hatha yoga sebenarnya menyiapkan manusia di aspek fisikal agar aspek-aspek lain dari manusia dapat dibenahi dengan mudah. Dengan mengolah tubuhnya, manusia memperoleh kesehatan fisik juga ketajaman dan ketenangan bathin/pikiran Kombinasi dari fisik yang sehat dan bathin yang terjaga menghasilkan watak dan karakter yang kokoh dan mantap. Individu yang seperti inilah yang siap untuk hidup dalam dimensi spiritualitas yang lebih tinggi. Namun proses untuk mencapai hal tersebut tidak mudah. Selama tubuh seorang manusia belum berada pada keseimbangan yang sempurna, maka energi bathin terus menerus terbuang percuma dan kesadarannya selalu terjaga dalam tingkat energi yang rendah. Jadi Hatha yoga mempersiapkan manusia agar harmonis di tingkat fisikal sehingga ia dapat membawa dan mengarahkan dirinya sendiri ke level kesadaran yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment